CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 1 Sengkang
Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester          : XI / 1 (SATU)
Standar Kompetensi   : Menggunakan  internet untuk keperluan mencari informasi dan  komunikasi

A.    KOMPETENSI DASAR
1.5 Menggunakan email untuk keperluan informasi dan komunikasi

B.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Menjelaskan fungsi email sebagai alat komunikasi
2.      Mendemonstrasikan cara untuk melampirkan surat dalam pengiriman email
3.      Mendemonstrasikan cara untuk mengambil attatchment file dan memindahkan ke dalam media lain

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa dapat
PERTEMUAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
DURASI WAKTU
Pertemuan ke-1
·         Mendeskripsikan fungsi dari email
·         Membuat email dengan website yahoo.com
·         Melakukan  login ke account email
·         Melampirkan surat / attactment
·         Mengecek email yang masuk

2 jam pelajaran
(2 x 45 menit)

Pertemuan ke-2
·         Mendaftar ke mailing list
·         Membuka dan menjawab diskusi mailing list

2 jam pelajaran
(2 x 45 menit)

Pertemuan ke-3
·         Chatting dengan yahoo.com
·         Menggunakan mIRC untuk chatting

2 jam pelajaran
(2 x 45 menit)



*      Karakter Siswa Yang Diharapkan :
ü  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.

*      Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke masa depan

D.    MATERI PEMBELAJARAN
·         Surat Elektronik
·         Mailing
·         Chatting

E.     MODEL PEMBELAJARAN
·         Model pembelajaran langsung, demonstrasi, dan Tanya jawab.

F.     SUMBER BELAJAR
·         Buku pegangan siswa (1) Penerbit Yudistira Karya Purnomo dan Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
·         Seperangkat Komputer (PC)
·         LCD atau carta

G.    STRATEGI BELAJAR
TATAP MUKA
TERSTRUKTUR
MANDIRI
·         Menggunakan email untuk keperluan informasi dan komunika
·         Mengidentifikasi email sebagai alat komunikasi elektronik
·         Membuat email dengan website yahoo.com
·         Login ke account email
·         Melampirkan surat / attachment
·         Email dengan internet explorer
·         Mengecek email yang masuk
·         Mailing List
·         Chatting dengan yahoo messager
·         Menggunakan mIRC
·         Siswa dapat menjelaskan fungsi email sebagai alat komunikasi
·         Siswa dapat mendemonstrasikan untuk melampirkan / attachment file
·         Siswa dapat mendemonstrasikan cara  mengambil dan memindahkan attachment file ke media lain



H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.    Pendahuluan
·       Menyampaikan komptensi dasar dan indicator pembelajaran
·       Apersepsi tentang pengiriman surat di zaman dahulu
·       Motivasi tentang sms melalui handphone
B.     Kegiatan Inti
PERTEMUAN
EKSPLORASI
ELABORASI
WAKTU
Pertemuan ke-1
·         Guru menginformasikan tentang keunggulan yang dimiliki email
·         Guru menginformasikan beberapa website yang menyediakan email secara gratis
·         Guru menginformasikan langkah demi langkah cara untuk mendaftar email di halaman yahoo.co.id atau yahoo.com

·         Guru menginformasikan jika terjadi kesalahan dalam pengisian formulir dan memberikan solusinya
·         Siswa dibimbing langkah demi langkah cara untuk membuat email dengan yahoo.com atau yahoo.co.id
·         Siswa dibimbing langkah demi langkah cara untuk melakukan pengiriman email

90 menit

Pertemuan ke-2
·         Siswa dibimbing secara langkah demi langkah untuk melakukan pengiriman email beserta lampirannya
·         Guru mendemonstrasikan cara untuk mengecek email yang mail

·         Siswa diajak untuk mendiskusikan masalah mailing list
·         Guru memberikan contoh secara step by step dan  diikuti siswa untuk mendaftar mailing list

90 menit

Pertemuan ke-3
·         Guru menginformasikan tentang istilah chatting dan website yang memiliki fasilitis chatting
·         Guru membimbing siswa untuk chatting dengan menggunakan yahoo.messenger
·         Guru membimbing siswa untuk chatting dengan menggunakan mIRC
90 menit





Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, siswa :
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui  ( nilai yang ditanamkan  :  Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air );
·         Menjelaskan hal-hal yang belum diketahui, ( nilai yang ditanamkan   : Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);




C.    PENUTUP
·         Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);

·         Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);















I.       PENILAIAN
·         Untuk menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut, dengan pemberian skor setiap soal antara 1-100

ü  Penilaian kemampuan praktek / kerja ilmiah meliputi :
Rancangan jaringan
NO
BIDANG PENILAIAN
SKOR
SANGAT BAIK
BAIK
SEDANG
KURANG
1
Keterampilan menggunakan Browser internet




2
Keterampilan mencari website dengan meggunakan yahoo.com




3
Keterampilan mencari gambar dengan menggunakan yahoo.com




4
Keterampilan mencari gambar dengan menggunakan google.co.id atau google.com




5
Keterampilan membuat account email grafis dari yahoo.com




6
Keterampilan mengirimkan email




7
Keterampilan mengattatcment file




8
Keterampilan chatting dengan yahoo messenger




9
Keterampilan chatting dengan mIRC




RATA-RATA





Kriteria :

Sangat baik > = 12 kali                       konversi nilai > 90
Baik  > =  8 kali                                  konversi nilai 90 - 80
Cukup > = 6 kali                                 konversi 80 - 70
Kurang < = 6 kali                                konversi 40 - 60


Bontonompo,……… Juli 2013


Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Bontonompo                                      Guru Mapel TIK



Drs. H. Muhammad Hasbi, M.Pd                                           Muh. Asnul B, S.Kom, M.Si
NIP. 19631231 198703 1 163                                                NIP. 19751004 200901 1 002


Previous
Next Post »