RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Sengkang
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / 1 (SATU)
Standar
Kompetensi : Menggunakan internet untuk keperluan mencari informasi dan
komunikasi
A.
KOMPETENSI
DASAR
1.5 Menggunakan email
untuk keperluan informasi dan komunikasi
B.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Menjelaskan
fungsi email sebagai alat komunikasi
2. Mendemonstrasikan
cara untuk melampirkan surat dalam pengiriman email
3. Mendemonstrasikan
cara untuk mengambil attatchment file dan memindahkan ke dalam media lain
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar
selesai diharapkan siswa dapat
PERTEMUAN
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
DURASI WAKTU
|
Pertemuan ke-1
|
·
Mendeskripsikan fungsi dari email
·
Membuat email dengan website yahoo.com
·
Melakukan login ke account email
·
Melampirkan surat / attactment
·
Mengecek email yang masuk
|
2 jam pelajaran
(2 x 45 menit)
|
Pertemuan ke-2
|
·
Mendaftar ke mailing list
·
Membuka dan menjawab diskusi mailing list
|
2 jam pelajaran
(2 x 45 menit)
|
Pertemuan ke-3
|
·
Chatting dengan yahoo.com
·
Menggunakan mIRC untuk chatting
|
2 jam pelajaran
(2 x 45 menit)
|
Karakter
Siswa Yang Diharapkan :
ü Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
ü Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke
masa depan
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
·
Surat Elektronik
·
Mailing
·
Chatting
E.
MODEL
PEMBELAJARAN
·
Model pembelajaran langsung,
demonstrasi, dan Tanya jawab.
F.
SUMBER
BELAJAR
·
Buku pegangan siswa (1) Penerbit
Yudistira Karya Purnomo dan Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
·
Seperangkat Komputer (PC)
·
LCD atau carta
G.
STRATEGI
BELAJAR
TATAP MUKA
|
TERSTRUKTUR
|
MANDIRI
|
·
Menggunakan email untuk keperluan informasi dan
komunika
|
·
Mengidentifikasi email sebagai alat komunikasi
elektronik
·
Membuat email dengan website yahoo.com
·
Login ke account email
·
Melampirkan surat / attachment
·
Email dengan internet explorer
·
Mengecek email yang masuk
·
Mailing List
·
Chatting dengan yahoo messager
·
Menggunakan mIRC
|
·
Siswa dapat menjelaskan fungsi email sebagai alat
komunikasi
·
Siswa dapat mendemonstrasikan untuk melampirkan /
attachment file
·
Siswa dapat mendemonstrasikan cara mengambil dan memindahkan attachment file
ke media lain
|
H.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A.
Pendahuluan
· Menyampaikan
komptensi dasar dan indicator pembelajaran
· Apersepsi
tentang pengiriman surat di zaman dahulu
· Motivasi
tentang sms melalui handphone
B.
Kegiatan
Inti
PERTEMUAN
|
EKSPLORASI
|
ELABORASI
|
WAKTU
|
Pertemuan ke-1
|
·
Guru menginformasikan tentang keunggulan yang
dimiliki email
·
Guru menginformasikan beberapa website yang
menyediakan email secara gratis
·
Guru menginformasikan langkah demi langkah cara
untuk mendaftar email di halaman yahoo.co.id atau yahoo.com
|
·
Guru menginformasikan jika terjadi kesalahan dalam
pengisian formulir dan memberikan solusinya
·
Siswa dibimbing langkah demi langkah cara untuk
membuat email dengan yahoo.com atau yahoo.co.id
·
Siswa dibimbing langkah demi langkah cara untuk
melakukan pengiriman email
|
90 menit
|
Pertemuan ke-2
|
·
Siswa dibimbing secara langkah demi langkah untuk
melakukan pengiriman email beserta lampirannya
·
Guru mendemonstrasikan cara untuk mengecek email
yang mail
|
·
Siswa diajak untuk mendiskusikan masalah mailing
list
·
Guru memberikan contoh secara step by step dan diikuti
siswa untuk mendaftar mailing list
|
90
menit
|
Pertemuan ke-3
|
·
Guru menginformasikan tentang istilah chatting dan
website yang memiliki fasilitis chatting
|
·
Guru membimbing siswa untuk chatting dengan
menggunakan yahoo.messenger
·
Guru membimbing siswa untuk chatting dengan
menggunakan mIRC
|
90 menit
|
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, siswa :
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (
nilai yang ditanamkan : Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin
tahu, Cinta tanah air );
·
Menjelaskan
hal-hal yang belum diketahui, ( nilai yang ditanamkan : Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
C.
PENUTUP
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator. (nilai yang
ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air,
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Siswa
diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini. . (nilai yang
ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air,
Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
I.
PENILAIAN
·
Untuk menilai ranah pengetahuan siswa
dilakukan dengan memberikan soal latihan seperti berikut, dengan pemberian skor
setiap soal antara 1-100
ü Penilaian kemampuan praktek / kerja
ilmiah meliputi :
Rancangan jaringan
NO
|
BIDANG
PENILAIAN
|
SKOR
|
|||
SANGAT BAIK
|
BAIK
|
SEDANG
|
KURANG
|
||
1
|
Keterampilan
menggunakan Browser internet
|
|
|
|
|
2
|
Keterampilan
mencari website dengan meggunakan yahoo.com
|
|
|
|
|
3
|
Keterampilan
mencari gambar dengan menggunakan yahoo.com
|
|
|
|
|
4
|
Keterampilan
mencari gambar dengan menggunakan google.co.id atau google.com
|
|
|
|
|
5
|
Keterampilan
membuat account email grafis dari yahoo.com
|
|
|
|
|
6
|
Keterampilan
mengirimkan email
|
|
|
|
|
7
|
Keterampilan
mengattatcment file
|
|
|
|
|
8
|
Keterampilan
chatting dengan yahoo messenger
|
|
|
|
|
9
|
Keterampilan
chatting dengan mIRC
|
|
|
|
|
RATA-RATA
|
|
|
|
|
Kriteria
:
Sangat
baik > = 12 kali konversi
nilai > 90
Baik > =
8 kali konversi
nilai 90 - 80
Cukup
> = 6 kali konversi 80 - 70
Kurang
< = 6 kali konversi 40 - 60
Bontonompo,……… Juli
2013
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Bontonompo Guru Mapel
TIK
Drs.
H. Muhammad Hasbi, M.Pd Muh. Asnul B, S.Kom, M.Si
NIP. 19631231 198703 1 163 NIP.
19751004 200901 1 002
ConversionConversion EmoticonEmoticon