PERANGKAT PENAMPIL ARDUINO UNO


11. Material LCD (Liquid Cristal Display)
               LCD adalah lapisan dari campuran organik antara lapisan kaca bening dengan elektroda transparan indium oksida dalam bentuk tampilan seven-segment dan lapisan elektroda pada kaca belakang. Ketika elektroda diaktifkan dengan medan listrik (tegangan), molekul organik yang panjang dan silindris menyesuaikan diri dengan elektroda dari segmen. Lapisan sandwich memiliki polarizer cahaya vertikal depan dan polarizer cahaya horisontal belakang yang diikuti dengan lapisan reflektor. Cahaya yang dipantulkan tidak dapat melewati molekul-molekul yang telah menyesuaikan diri dan segmen yang diaktifkan terlihat menjadi gelap dan membentuk karakter data yang ingin ditampilkan.
              
               Contoh Bentuk LCD (Liquid Cristal Display) Pengendali / Kontroler LCD (Liquid Cristal Display) Dalam modul LCD (Liquid Cristal Display) terdapat microcontroller yang berfungsi sebagai pengendali tampilan karakter LCD (Liquid Cristal Display). Microntroller pada suatu LCD (Liquid Cristal Display) dilengkapi dengan memori dan register. Memori yang digunakan microcontroler internal LCD adalah : 

v       *DDRAM (Display Data Random Access Memory)
merupakan memori tempat karakter yang akan ditampilkan berada.
v      *CGRAM (Character Generator Random Access Memory)
merupakan memori untuk menggambarkan pola sebuah karakter dimana bentuk dari karakter dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan.
v     *  CGROM (Character Generator Read Only Memory)
merupakan memori untuk menggambarkan pola sebuah karakter dimana pola tersebut merupakan karakter dasar yang sudah ditentukan secara permanen oleh pabrikan pembuat LCD (Liquid Cristal Display) tersebut sehingga pengguna tinggal mangambilnya sesuai alamat memorinya dan tidak dapat merubah karakter dasar yang ada dalam CGROM.
              
               Register control yang terdapat dalam suatu LCD diantaranya adalah. Register perintah yaitu register yang berisi perintah-perintah dari mikrokontroler ke panel LCD (Liquid Cristal Display) pada saat proses penulisan data atau tempat status dari panel LCD (Liquid Cristal Display) dapat dibaca pada saat pembacaan data. Register data yaitu register untuk menuliskan atau membaca data dari atau keDDRAM. Penulisan data pada register akan menempatkan data tersebut keDDRAM sesuai dengan alamat yang telah diatur sebelumnya.

s2. Seven Segment
               Sebuah tampilan tujuh segmen ( SSD ) , atau indikator tujuh -segmen , adalah bentuk perangkat layar elektronik untuk menampilkan angka desimal yang merupakan alternatif untuk menampilkan dot matrix yang lebih kompleks . Menampilkan tujuh - segmen yang banyak digunakan dalam jam digital , meter elektronik , dan perangkat elektronik lainnya untuk menampilkan informasi numerik .Display 7 segmen terdiri dari tujuh LED (maka namanya) diatur dalam mode persegi panjang. Masing-masing tujuh LED disebut segmen karena ketika diterangi bentuk segmen bagian dari digit numerik (angka desimal dan beberapa huruf) yang akan ditampilkan. LED 8 tambahan (pojok kanan) kadang-kadang digunakan dalam paket yang sama sehingga memungkinkan indikasi titik desimal, (DP) ketika dua atau lebih display 7-segmen yang terhubung bersama-sama untuk menampilkan jumlah yang lebih besar dari sepuluh.
 
               Setiap salah satu dari tujuh LED pada layar akan diberikan segmen posisi dengan salah satu pin koneksi dibawa langsung dari paket plastik persegi panjang. Ini pin LED secara individual diberi label dari 'A' sampai 'G' (lihat gambar kedua di atas) yang mewakili masing-masing individu LED. Pin LED lainnya yang terhubung bersama-sama dan kabel untuk membentuk pin umum.              Menampilkan pin yang umum umumnya digunakan untuk mengidentifikasi jenis layar 7-segmen yang itu. Karena setiap LED memiliki dua menghubungkan pin, salah satu yang disebut "Anoda" dan yang lain disebut "katoda", oleh karena itu ada dua jenis tampilan 7 segmen yang disebut "katoda umum - cc" dan "Common anoda - ca" (lihat gambar ketiga atas). Dalam paket LED sederhana , biasanya semua katoda ( terminal negatif ) atau semua anoda ( terminal positif ) dari LED segmen terhubung dan dibawa ke sebuah pin yang umum ; ini disebut sebagai " katoda umum " atau " anoda umum " perangkat . Oleh karena itu 7 segmen ditambah desimal paket titik hanya membutuhkan sembilan pin ( meskipun produk komersial biasanya mengandung lebih banyak pin , dan / atau ruang di mana pin akan pergi , dalam rangka untuk mencocokkan standar soket IC.
33. Dot Matriks
             Pada dasarnya DOT matrix adalah Display LED yg disusun sedemikian rupa sehingga untuk menghidupkan led ke (x,x) dibutuhkan kombinasi tegangan antara Pin baris & kolom. LED dot matriks juga adalah sarana yang sangat populer menampilkan informasi seperti itu memungkinkan teks baik statis dan animasi dan gambar.
Dalam layar dot matrix, beberapa LED yang kabel bersama-sama dalam baris dan kolom. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan jumlah pin yang diperlukan untuk mengusir mereka. Misalnya, 8 × 8 matriks LED (ditampilkan di bawah) akan membutuhkan 64 I / O pin, satu untuk setiap pixel LED. Dengan kabel semua anoda bersama-sama dalam baris (R1 melalui R8), dan katoda dalam kolom (C1 melalui C8), jumlah yang diperlukan pin I / O dikurangi menjadi 16. Setiap LED ditujukan demi baris dan jumlah kolom. Pada gambar bawah ini, jika R4 adalah ditarik tinggi dan C3 ditarik rendah, LED di baris keempat dan kolom ketiga akan dihidupkan. Karakter dapat ditampilkan oleh pemindaian cepat baik baris atau kolom.
Previous
Next Post »