(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Bontonompo
Mata
Pelajaran : TeknologI
Informasi dan komunikasi
Kelas
/ Semester : XI / 1 (SATU)
Standar Kompetensi : Menggunakan internet untuk keperluan mencari informasi dan
komunikasi
A. KOMPETENSI
DASAR
1.5
Menggunakan email untuk keperluan informasi dan komunikasi
B. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Menjelaskan
fungsi email sebagai alat komunikasi
2.
Mendemonstrasikan
cara untuk melampirkan surat dalam pengiriman email
3.
Mendemonstrasikan
cara untuk mengambil attatchment file dan memindahkan ke dalam media lain
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa dapat
PERTEMUAN
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
DURASI
WAKTU
|
Pertemuan ke-1
|
·
Mendeskripsikan
fungsi dari email
·
Membuat
email dengan website yahoo.com
·
Melakukan
login ke account email
·
Melampirkan
surat / attactment
·
Membuat
email dengan internet explorer
·
Mengecek
email yang masuk
|
2
jam pelajaran
(2
x 45 menit)
|
Pertemuan ke-2
|
·
Mendaftar
ke mailing list
·
Membuka
dan menjawab diskusi mailing list
|
2
jam pelajaran
(2
x 45 menit)
|
Pertemuan ke-3
|
·
Chatting
dengan yahoo.com
·
Menggunakan
mIRC untuk chatting
|
2
jam pelajaran
(2
x 45 menit)
|
Karakter Siswa Yang Diharapkan :
ü
Disiplin,
Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air, Menghargai prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
ü
Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil, Berani mengambil resiko, Berorientasi ke
masa depan
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Surat
Elektronik
·
Mailing
·
Chatting
E. MODEL
PEMBELAJARAN
·
Model
pembelajaran langsung
F. SUMBER
BELAJAR
·
Buku
pegangan siswa (1) Penerbit Yudistira Karya Purnomo dan Erlangga Karya Sadiman,
S.Pd
·
Seperangkat
Komputer (PC)
·
LCD
atau carta
G. STRATEGI
BELAJAR
TATAP
MUKA
|
TERSTRUKTUR
|
MANDIRI
|
·
Menggunakan
email untuk keperluan informasi dan komunika
|
·
Mengidentifikasi
email sebagai alat komunikasi elektronik
·
Membuat
email dengan website yahoo.com
·
Login
ke account email
·
Melampirkan
surat / attachment
·
Email
dengan internet explorer
·
Mengecek
email yang masuk
·
Mailing
List
·
Chatting
dengan yahoo messager
·
Menggunakan
mIRC
|
·
Siswa
dapat menjelaskan fungsi email sebagai alat komunikasi
·
Siswa
dapat mendemonstrasikan untuk melampirkan / attachment file
·
Siswa
dapat mendemonstrasikan cara mengambil
dan memindahkan attachment file ke media lain
|
H. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
·
Menyampaikan
komptensi dasar dan indicator pembelajaran
·
Apersepsi
tentang pengiriman surat di zaman dahulu
·
Motivasi
tentang sms melalui handphone
B. Kegiatan
Inti
PERTEMUAN
|
EKSPLORASI
|
ELABORASI
|
WAKTU
|
Pertemuan ke-1
|
·
Guru
menginformasikan tentang keunggulan yang dimiliki email
·
Guru
menginformasikan beberapa website yang menyediakan email secara gratis
·
Guru
menginformasikan langkah demi langkah cara untuk mendaftar email di halaman
yahoo.co.id atau yahoo.com
|
·
Guru
menginformasikan jika terjadi kesalahan dalam pengisian formulir dan
memberikan solusinya
·
Siswa
dibimbing langkah demi langkah cara untuk membuat email dengan yahoo.com atau
yahoo.co.id
·
Siswa
dibimbing langkah demi langkah cara untuk melakukan pengiriman email
|
90
menit
|
Pertemuan ke-2
|
·
Siswa
dibimbing secara langkah demi langkah untuk melakukan pengiriman email
beserta lampirannya
·
Guru
mendemonstrasikan cara untuk mengecek email yang mail
|
·
Siswa
diajak untuk mendiskusikan masalah mailing list
·
Guru
memberikan contoh secara step by step
dan diikuti siswa untuk mendaftar
mailing list
|
90 menit
|
Pertemuan ke-3
|
·
Guru
menginformasikan tentang istilah chatting dan website yang memiliki fasilitis
chatting
|
·
Guru
membimbing siswa untuk chatting dengan menggunakan yahoo.messenger
·
Guru
membimbing siswa untuk chatting dengan menggunakan mIRC
|
90
menit
|
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, siswa :
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui ( nilai yang ditanamkan :
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Cinta tanah air );
·
Menjelaskan
hal-hal yang belum diketahui, ( nilai
yang ditanamkan : Menghargai
prestasi, Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab);
C. PENUTUP
·
Guru
mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator. (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa
ingin tahu, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai,
Gemar membaca, Tanggung jawab);
·
Siswa
diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini. . (nilai yang ditanamkan: Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Rasa
ingin tahu, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta damai,
Gemar membaca, Tanggung jawab);
I. PENILAIAN
·
Untuk
menilai ranah pengetahuan siswa dilakukan dengan memberikan soal latihan
seperti berikut, dengan pemberian skor setiap soal antara 1-100
ü
Penilaian kemampuan praktek /
kerja ilmiah meliputi :
Rancangan
jaringan
NO
|
BIDANG PENILAIAN
|
SKOR
|
|||
SANGAT BAIK
|
BAIK
|
SEDANG
|
KURANG
|
||
1
|
Keterampilan
menggunakan Browser internet
|
||||
2
|
Keterampilan
mencari website dengan meggunakan yahoo.com
|
||||
3
|
Keterampilan
mencari gambar dengan menggunakan yahoo.com
|
||||
4
|
Keterampilan
mencari gambar dengan menggunakan google.co.id atau google.com
|
||||
5
|
Keterampilan
membuat account email grafis dari yahoo.com
|
||||
6
|
Keterampilan
mengirimkan email
|
||||
7
|
Keterampilan
mengattatcment file
|
||||
8
|
Keterampilan
chatting dengan yahoo messenger
|
||||
9
|
Keterampilan
chatting dengan mIRC
|
||||
RATA-RATA
|
Kriteria :
Sangat baik > = 12 kali konversi nilai > 90
Baik > =
8 kali konversi
nilai 90 - 80
Cukup > = 6 kali konversi 80 - 70
Kurang < = 6 kali konversi 40 - 60
Bontonompo,……… Juli 2013
Mengetahui,
Kepala
SMA Negeri 1 Bontonompo Guru
Mapel TIK
Drs. H. Muhammad Hasbi, M.Pd Muh. Asnul B, S.Kom, M.Si
NIP.
19631231 198703 1 163 NIP.
19751004 200901 1 002
ConversionConversion EmoticonEmoticon